KD. 9 Bagian & Konsep Kerja Server Softswitch Berkaitan Dengan PBX
Nama : 1. Devi Aulia Sinta Bela (07)
2. Erlin Triliana (12)
Kelas : XI TKJ 1
Pengertian PBX
Command atau perintah adalah "aplikasi" yang akan di jalankan oleh Asterisk.
Parameter adalah parameter yang harus diberikan kepada sebuah command. Tidak semua command / perintah membutuhkan parameter, beberapa perintah dapat dijalankan tanpa parameter.
Dial Plan berfungsi sebagai routing panggilan antar ekstensi, baik yang berada dalam satu IP-PBX (lokal) maupun antar IP-PBX, atau biasa disebut dial trunk. Dalam Asterisk, Dial Plan diprogram dalam satu file yang bernama extensions.conf.
Secara umum, setiap ekstensi dalam Asterisk merujuk pada user tertentu yang ter-register ke Asterisk tersebut sehingga biasanya nomor ekstensi sama dengan id user.
Soal
2. Erlin Triliana (12)
Kelas : XI TKJ 1
MEMAHAMI BAGIAN & KONSEP KERJA SERVER SOFTSWITCH BERKAITAN DENGAN PBX
Bagan dan Konsep
Kerja PBX pada Server Softswitch :
Sejarah
Istilah PBX pertama kali diterapkan ketika pergantian jaringan ke operator dalam perusahaan dilakukan. Secara otomatis, sistem pergantian elektromekanis dan beralih ke elektronik menggantikan sistem manual, PABX (private automatic branch exchange) dan PMBX (private manual branch exchange) yang digunakan untuk membedakan keduanya dengan sistem PBX.
Sekarang ini istilah PBX sudah dikenal luas. Istilah PBX sudah digunakan untuk menggambarkan layanan telepon, seperti pergantian telepon sistem in-house, baik untuk cakupan privat area, penyebaran yang lebih luas, ataupun pertukaran jaringan telepon lainnya.
Sejak tahun 1990-an, terdapat dua perkembangan signifikan yang menyebabkan munculnya jenis baru sistem PBX. Salah satu perkembangan tersebut adalah besarnya pertumbuhan jaringan data dan meningkatnya pemahaman publik mengenai packet switching.
Perusahaan tidak hanya membutuhkan packet switched pada jaringan untuk data saja, perkembangannya perusahaan juga membutuhkan ketersediaan internet sebagai sistem pengiriman global pada satu sistem telepon.
PBX kemudian muncul dan melahirkan VoIP PBX yang menjadikan komunikasi semakin menarik. Secara teknis, PBX dan VoIP PBX bukanlah sistem berbeda. Cakupan PBX yang begitu luas, kadang sulit untuk dipahami. VoIP PBX merupakan sistem layanan khusus dalam jaringan telepon.
Faktor lainnya yang turut melahirkan sistem PBX adalah ide fokus pada kompetensi inti. Layanan PBX cenderung sulit untuk mengatur perusahaan-perusahaan kecil karena tidak ada kompetensi inti dalam penanganan telepon di dalam perusahaan tersebut. Pertimbangan ini memunculkan konsep host PBX.
Dalam host setup, PBX berada dan dikelola oleh pusat penyedia layanan telepon, serta segala fitur dan panggilan telepon dikirim melalui internet. Pelanggan hanya perlu mendaftarkan diri untuk menggunakan layanan, dibandingkan harus membeli dan memelihara perangkat keras PBX yang begitu mahal. Dengan kata lain, sistem layanan telepon dipindah dari privat menjadi Central Office.
Pengertian PBX
PBX adalah sebuah
sentral privat dengan fitur seperti sentral public yang di gunakan
oleh suatu lembaga / perusahaan dalam melayani komunikasai internet
perusahaan tersebut
Proses
Kerja PBX Server Softswitch
Sebuah
sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX
dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang
ada.
Fungsi
PBX IP server mirip dengan cara kerja proxy server: klien SIP, baik
berupa software (softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel,
mendaftar ke server IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan
mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan.
IP PBX memiliki daftar semua ponsel / pengguna dan alamat yang sesuai dengan SIP mereka dan dengan demikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau penyedia layanan VOIP.
IP PBX memiliki daftar semua ponsel / pengguna dan alamat yang sesuai dengan SIP mereka dan dengan demikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau penyedia layanan VOIP.
Konfigurasi
Ekstensi dan Dial Plan pada Server Softswicth :
Pengertian
Ekstensi dan Dial Plan pada Server VoIP
Dalam
sintax yang digunakan di file extensions.conf , setiap tahapan
perintah dalam sebuah extension di tulis dalam format
exten
= extension,priority,Command(parameter)
Kesimpulannya,
sebuah "context" mempunyai nama, seperti "john".
Setiap context, kita dapat mendefinisikan satu atau lebih
"extension". Setiap extension, kita dapat mendefinisikan
sekumpulan perintah.
- Komponen yang membangun tahapan perintah extension atau command line adalah sebagai berikut :
Extension
adalah label dari extension, dapat berupa sebuah string (angka, huruf
dan simbol yan diijinkan) atau pola yang harus di evaluasi secara
dinamik untuk mencocokkan dengan banyak kemungkinan nomor telepon.
Setiap command line yang menjadi bagian dari extension tertentu harus
mempunyai label yang sama.
Priority
biasanya berupa angka integer. Merupakan urutan dari perintah yang
harus dijalankan dalam sebuah extension. Perintah pertama yang akan
dijalankan harus dimulai dengan prioritas 1, jika tidak ada prioritas
1 maka Asterisk tidak akan menjalankan perintah extension.
Setelah prioritas 1 di jalankan, Asterisk akan menambah prioritas ke prioritas 2 dan seterusnya, tentunya jika tidak ada perintah yang menentukan prioritas mana yang selanjutnya harus dijalankan.
Jika ternyata perintah selanjutnya ternyata tidak terdefinisi maka Asterisk akan menghentikan proses menjalankan perintah walaupun masih ada perintah dengan prioritas yang lebih tinggi.
Setelah prioritas 1 di jalankan, Asterisk akan menambah prioritas ke prioritas 2 dan seterusnya, tentunya jika tidak ada perintah yang menentukan prioritas mana yang selanjutnya harus dijalankan.
Jika ternyata perintah selanjutnya ternyata tidak terdefinisi maka Asterisk akan menghentikan proses menjalankan perintah walaupun masih ada perintah dengan prioritas yang lebih tinggi.
Command atau perintah adalah "aplikasi" yang akan di jalankan oleh Asterisk.
Parameter adalah parameter yang harus diberikan kepada sebuah command. Tidak semua command / perintah membutuhkan parameter, beberapa perintah dapat dijalankan tanpa parameter.
Dial Plan berfungsi sebagai routing panggilan antar ekstensi, baik yang berada dalam satu IP-PBX (lokal) maupun antar IP-PBX, atau biasa disebut dial trunk. Dalam Asterisk, Dial Plan diprogram dalam satu file yang bernama extensions.conf.
Secara umum, setiap ekstensi dalam Asterisk merujuk pada user tertentu yang ter-register ke Asterisk tersebut sehingga biasanya nomor ekstensi sama dengan id user.
Konfigurasi
Ekstensi dan Dial Plan pada Server VoIP
Dial
antar ekstensi pada IP-PBX
[voipkn]
-->> seluruh dial plan di bawah ini hanya berlaku bagi context
‘voipkn’
exten
=>101,1,Dial(SIP/101,20) -->> Dial ext 101 dengan protokol
SIP, time out 20 detik
exten
=>101,2,Hangup -->> setelah timeout dilakukan hangup
exten
=>102,1,Dial(SIP/102,20)
exten
=>102,2,Hangup
PBX
menghubungkan antara telepon dalam perusahaan dengan jaringan
internal dan menghubungkan juga telepon dalam perusahaan dengan
jaringan telepon publik (PSTN – public switched telephone network)
melalui trunk, yaitu penghubung jalur komunikasi antara pengirim
dengan penerima melalui central office).
Jaringan
ini menggabungkan telepon dengan faksimile, modem, dan hal lain yang
menjadi perpanjangan dari kemampuan PBX sistem melalui trunk. Oleh
karena itu, telepon dengan sistem PBX tidak hanya berfungsi untuk
kegiatan telepon, namun juga dapat mengirim fax atau modem akses
internet.
Awalnya,
keuntungan utama dengan sistem PBX ini adalah penghematan biaya pada
panggilan telepon internal; dan menghindari ‘tabrakan’ jaringan
telepon internal dalam suatu perusahaan. Dari sinilah, PBX mulai
dikembangkan dan popular.
Layanan
awal yang disediakan PBX sistem tidak mencakup hunt groups, call
forwading, dan extension dialing (misal: 4632). Barulah pada tahun
1960, PBX disimulasikan dan kemudian dikenal dengan sistem Centrex.
Centrex juga melayani fitur serupa dengan PBX yang berasal dari pusat
jaringan telepon.
PBX
dibedakan dari ‘sistem kunci’ yang dilakukan pengguna secara
manual ketika ia menekan nomor tujuan. Maka dari itu, secara otomatis
PBX akan menuju jalur sesuai dengan nomor yang dituju pengguna.
Sistem
ini disebut dengan Hybrid systems. ‘Sistem kunci ini dibuat dengan
memilih jalur keluar khusus dengan menekan nomor eksternal. Namun,
sistem PBX memiliki kode telepon untuk menghubungkan satu saluran
dengan saluran luar (DDCO – direct dial central office), dan
diikuti dengan nomor eksternal.
Sistem
PBX memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon secara
internal dan eksternal dengan menggunakan kode telepon yang telah
terdaftar di Central Office maupun di DDCO.
Soal
1 1. Apa yang
dimaksud PBX?
2 2. Apa fungsi
dari dial plan?
3 3. Apa yang
dimaksud parameter?
4 4. Uraikan
proses kerja PBX pada server switch
5 5. Sebutkan Komponen
yang membangun tahapan perintah extension atau command line
Jawab
1 1. PBX adalah
sebuah sentral privat dengan fitur seperti sentral public yang di gunakan oleh
suatu lembaga / perusahaan dalam melayani komunikasai internet perusahaan
tersebut
2 2. Dial Plan berfungsi sebagai routing
panggilan antar ekstensi, baik yang berada dalam satu IP-PBX (lokal) maupun
antar IP-PBX, atau biasa disebut dial trunk. Dalam Asterisk, Dial Plan
diprogram dalam satu file yang bernama extensions.conf.
3 3. Parameter
adalah parameter yang harus diberikan kepada sebuah command. Tidak semua
command / perintah membutuhkan parameter, beberapa perintah dapat dijalankan
tanpa parameter.
4 4. Proses kerja
PBX pada server softswitch
Sebuah
sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan
secara opsional VOIP gateway untuk terhubung ke jalur server, klien SIP, baik berupa
software(softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server
IP PBX,dan ketika mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk
melakukan panggilan. IP PBX memiliki daftar semua ponsel atau pengguna dan
alamat sesuai dengan SIP mereka dan dengandemikian dapat menghubungkan
panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau
menyedia layanan VOIP.
5 5. Komponen yang membangun tahapan perintah extension
atau command line adalah sebagai berikut :
Extension adalah label dari extension, dapat berupa
sebuah string (angka, huruf dan simbol yan diijinkan) atau pola yang harus di
evaluasi secara dinamik untuk mencocokkan dengan banyak kemungkinan nomor
telepon. Setiap command line yang menjadi bagian dari extension tertentu harus
mempunyai label yang sama.
Komentar
Posting Komentar